Jumat, 20 November 2015

Contoh Main Map dan Outline

Hai KMO lover… semoga selalu di rahmati dan diberi kesehatan oleh Tuhan, ya. Amin.

Setelah hampir seminggu aku memikirkan, hari ini aku putuskan akan nulis tentang ide apa yang ada dalam pikiranku untuk menyelesaikan tugas menulis dari kelas Komunitas Menulis Online.

Sebagai penulis pemula mungkin lebih baik aku akan menceritakan kisah hidupku yang nggak penting-penting amat sih buat kalian tetapi mungkin bisa diambil pelajarannya agar kita bisa lebih bijak lagi dalam menentukan sikap.

Langsung aja ya. Ini kisah seorang Hana, dia gadis cantik penyuka "jeruk" sebenarnya rasa sukanya itu bukan karena memang dia benar-benar suka namun mungkin karena keadaan yang menjadikan dia suka.

Enaknya dikasih judul apa ya? Pacarku Cantik, Gadis Penyuka Jeruk atau Manis Asam Rasa Jeruk. Mungkin tidak bisa menentukan judul sebelum baca ceritanya, makanya aku bikin main map-nya dulu, ya…



Nah, kurang lebih seperti itu main map-nya. Agar lebih jelas coba aku buatkan outline-nya ya.

"Hana adalah gadis berusia 23tahun, karena keterbatasan ekonomi dia terpaksa tidak melanjutkan ke bangku kuliah dan harus menjadi tulang punggung keluarga setelah ayahnya meninggal, dia hidup bersama ibu dan ke-empat adiknya yang masih kecil.

Karena minimya pendidikan dan pergaulan yang sempit Hana sulit mendapat perkerjaan. Ketika melihat kesuksesan tetangganya yang bekerja di luar negeri, terbesit dalam pikirannya untuk mengadu nasip di perantauan.

Tidak semudah yang dia bayangkan, sebelum berangkat ke negara tujuan dia harus belajar beberapa hal di penampungan termasuk bahasa. Karena bahasa adalah salah satu hal penting untuk bisa bekerja di negeri orang.

Kesulitan-kesulitan dipenampungan terbayar sudah ketika melihat gedung-gedung pencakar langit negeri beton. Negeri sejuta mimpi bagi semua orang. Bukan hanya itu pertemuan dia pada Reno merubah segalanya, gemerlap lampu malam bak pancaran ribuan bintang dilangit yang cerah.

Pantulan cahaya rembulan pada laut luas bagai kilauan kristal, begitu indah di pandang oleh dua pasang mata manusia yang sedang dimabuk cinta. Cinta yang membutakan mata dan hati sampai mampu melukapan apa tujuan awal dia datang ke negeri ini.

Dengan pergaulan yang semakin luas dia bukan lagi gadis desa yang dulu kita kenal. Bermacam model dan sifat kawan dengan memberikan dokumennya untuk jaminan yang akhirnya menjadi lawan. Tak ada yang bisa dia lakukan kecuali pasrah dan ikhtiar, sehingga dia kembali ketujuan awal."

Nah, itu sekilas tentang perjalanan hidup, sampai disini dulu ya sampai ketemu ditulisan berikutnya, sambil mikir-mikir enaknya dikasih judul apa, Nih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar